Latest News

My Modem

, Posted by Sudjatmiko at 20.59


Modem yang saya gunakan untuk koneksi internet adalah “Option Icon 225”. Kebetulan barang ini asalnya adalah bundling dengan operator Orange. Tapi tidak masalah karena modem ini nyatanya bisa dipakai untuk semua operator GSM di Indonesia. Dari penggunaan selama 1 tahun ini menurutku modem ini kinerjanya lumayan. Tentu saja ini sangat bergantung pada kartu yang digunakan.

Selama ini saya biasa pakai Indosat M2. Kebetulan kos saya di daerah kampus B Unair, kamar bawah. Kenapa saya sebutkan “kamar bawah”, karena ada bedanya bila digunakan di kamar atas. Sinyal Indosat-nya bisa full. Stabil di HSDPA (3,5G), atau minimal masih dapet UMTS (3G). Kalau di kamar saya, kamar bawah, agak susah untuk dapat sinyal UMTS apalagi HSDPA, paling-paling cuma EDGE. Pernah saya kepikiran untuk pindah di kamar atas. Namun diurungkan karena kamar atas kosku panas banget kalau siang, atapnya dari seng.

Selain M2, saya juga pernah nyoba kartu IM3 pulsa GPRS. Menurut aku, IM3 GPRS lebih bisa diandalkan, alias jarang ngadat. Sebenarnya murah, pulsa 5 ribu dapat 4 jam. Tetapi untuk penggunaan internet yang hampir nonstop itu jadi tidak efisien, mending pakai M2 yang bisa unlimited.

Kalau saya pulang kampung ke Solo, modem ini selalu aku bawa. Penggunaan di sana lebih lancar. Memang rumahku di sana dekat tower Indosat. Dan aku pakainya juga selalu di kamar atas, pakai laptopnya bapak. Kelemahan modem ini menurutku adalah cepat panas, yakni bila digunakan pada sinyal UMTS atau HSDPA. Kalu sudah panas, tiba-tiba modem bisa mati sendiri. Oleh karena itu biasanya saya pakai kipas angin untuk sebagai pendingin. Ribet juga :”>

Keunggulan modem ini pada bentuknya yang kecil,mirip flashdisk, bisa ditaruh di saku. Tidak perlu driver CD, karena tinggal colok ke lubang USB dan langsung otomatis install driver-nya sendiri. Dulu aku beli masih 1 jutaan, masih mahal :”> Paling sekarang kalau di Hi Tech Mall Surabaya harganya sudah 500 ribuan. Kemarin temenku baru aja beli, tapi merk Sierra. Ohya setahuku ini bukan barang baru, jadi garansi bukan satu tahun, cuma tiga bulan saja. Mungkin ini barang import dari luar negeri, karena di negara asalnya sudah tidak laku, atau sudah pakai modem yang lebih canggih. Anyway, walau bukan barang baru, yang penting bisa dipakai dan bermanfaat. Isn’t it?

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar